Timnas Senegal Patut Diperhitungkan di Piala Dunia 2022 Qatar

livescorepialadunia – Gambaran singkat timnas Senegal di Piala Dunia 2022 akan dibahas di sini. Timnas Senegal hanya menjadi tim kuda hitam di Piala Dunia 2022, namun memiliki kualitas untuk mengejutkan para pemain bintang.

Singa Teranga -julukan timnas Senegal- akan berada di Grup A Piala Dunia 2022 bersama tuan rumah Qatar, Ekuador, dan Belanda. Di atas kertas, wakil Afrika ini merupakan jantung terkuat kedua setelah timnas Belanda.

Timnas Senegal juga akan menuju Qatar dengan kepercayaan diri tinggi usai menjuarai Piala Afrika 2021 dari ajang tersebut. Tim yang dipimpin oleh Aliou Cisse benar-benar tidak berperasaan. Mereka memiliki kualitas yang bisa dihadapi siapa pun di lapangan.

Kualifikasi Piala Dunia 2022

livescorepialadunia

Timnas Senegal berhasil melewati babak kualifikasi dengan cukup baik. Mereka finis sebagai juara Grup H di babak kedua kualifikasi dengan 16 poin dari enam pertandingan.

Itu adalah perjuangan berat saat mereka bertemu Mesir di babak kualifikasi ketiga. Pertandingan berakhir imbang 1-1 setelah keduanya menang 1-0 di leg pertama, namun Senegal akhirnya lolos setelah menang adu penalti 3 terlebih dahulu.

Timnas Senegal memiliki banyak pemain bintang di skuatnya. Di lini serang, mereka memiliki Sadio Mane (Bayern Munich), Ismaila Sarr (Watford), Bamba Dieng (Olympique Marseille), Krepin Diatta (AS Monaco) dan Nicolas Jackson (Villarreal).

Lini tengah adalah Idrissa Gueye (Verton), Pape Mata Sarr (Tottenham Hotspur) dan Nampalys Mendy. Di lini pertahanan, mereka memiliki Abdou Diallo (RB Leipzig), Kalidou Koulibaly (Chelsea), Fode Ballo-Toure (AC Milan), Edouard Mendy (Chelsea) dan Alfred Gomis (OGC Nice) sebagai penjaga gawang.

Aliou Cisse telah membuat dampak sejak menjadi pelatih tim nasional Senegal. Ia diangkat pada 5 Maret 2015 dan sejak itu, timnas Senegal telah memainkan 143 pertandingan.

Dia memenangkan 100 di antaranya, yang berarti Senegal memiliki tingkat kemenangan sekitar 69,93%. Sebelum menjuarai Piala Afrika 2021, Aliou Cisse juga membantu Senegal menjadi runner-up di turnamen yang sama pada 2019.

Jadwal Timnas Senegal di babak penyisihan grup Piala Dunia 2022

Senin, 21 November 2022

23.00 WIB – Timnas Senegal vs Timnas Belanda (Stadion Al Thumama)

Jumat, 25 November 2022

20.00 WIB – Timnas Qatar vs Timnas Senegal (Stadion Al Thumama)

Selasa, 29 November 2022

22.00 WIB – Timnas Ekuador vs Timnas Senegal (Kalifa International Stadium)

Senegal melaju ke Piala Dunia

  • 1930 = Absen
  • 1934 = Absen
  • 1938 = Absen
  • 1950 = Absen
  • 1954 = Absen
  • 1958 = Absen
  • 1962 = Absen
  • 1966 = Absen
  • 1970 = Absen
  • 1974 = Absen
  • 1978 = Absen
  • 1982 = Absen
  • 1986 = Absen
  • 1990 = Absen
  • 1994 = Absen
  • 1998 = Absen
  • 2002 = Perempatfinal
  • 2006 = Absen
  • 2010 = Absen
  • 2014 = Absen
  • 2018 = Fase Tim

Kemajuan implementasi

(4-3-3): Edouard Mendy; Youssouf Sabaly, Kalidou Koulibaly, Abdou Diallo, Fode Ballo-Toure; Pape Mata Sarr, Idrissa Gueye, Nampalys Mendy; Sadio Mane, Boulaye Dia, Ismaila Sarr.

Timnas Senegal merupakan salah satu dari lima wakil kawasan Afrika di Piala Dunia 2022. Tim berjuluk Teranga Lions ini berada di Grup A bersama tuan rumah Qatar, Ekuador, dan Belanda.

Senegal lolos dari serangan Mesir di titik penalti. Setelah kalah 1-0 di leg pertama, Sadio Mane dkk menang 1-0 di pertemuan kedua, 30 Maret lalu.

Dalam adu penalti itu, Senegal menang dengan skor 3-1. Dalam pertandingan itu, Mohamed Salah menjadi satu dari hanya tiga pemain Mesir yang tidak mencetak gol dari titik penalti.

Di satu sisi, Salah harus melihat rekan setimnya di Liverpool, Mane, mencetak penalti kemenangan dalam adu penalti.

Bersama Ghana, Tunisia, Maroko, dan Kamerun, Timnas Senegal tak bisa dipandang sebelah mata meski baru dua kali mengikuti Piala Dunia, yakni pada 2002 dan 2018.

Senegal terkejut ketika mencapai perempat final untuk pertama kalinya pada 2002. Namun, mereka selalu gagal mencapai final dan hanya berhasil lolos ke turnamen untuk kedua kalinya pada 2018.

Namun, penampilan mereka di Piala Dunia Rusia empat tahun lalu tidak secerah laga pembuka. Senegal menjadi negara pertama yang tersingkir di babak penyisihan grup.

Tim Senegal kali ini memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Selain itu, para pemain bintang sepak bola dunia mereka juga baru saja menjuarai Piala Afrika 2021 yang akan digelar pada Februari 2022.

Lima pemain Senegal yang harus diwaspadai

Di posisi penjaga gawang, Senegal memiliki Edouard Mendy yang saat ini memperkuat Chelsea. Pemain berusia 30 tahun itu adalah bagian dari skuad The Blues yang memenangkan Liga Champions UEFA dan Piala Super UEFA pada tahun 2021.

Berkat penampilan dan keuletannya yang luar biasa, Mendy dianugerahi penghargaan Penjaga Gawang Pria Terbaik FIFA Januari lalu.

Di lini pertahanan, pelatih Aliou Cisse memiliki Kalidou Koulibaly. Pemain baru Chelsea itu diperkirakan akan bermain untuk tim nasional Sennegal mulai 2019, setahun setelah Piala Dunia di Rusia.

Bek tengah ini dikenal dengan gaya bermainnya yang percaya diri dan kemampuannya untuk mendukung serangan balik. Keberadaannya tentu menjadi motor penggerak penting bagi Senegal.

Di lini tengah serang, Idrissa Gueye bisa jadi andalan di lini tengah Senegal. Pemain berusia 32 tahun adalah jantung dari Lions of Teranga, mampu mempercepat permainan sekaligus memperlambatnya.

Gueye sangat baik dalam melakukan overlapping dan mengoper bola, dan juga sangat baik dalam mencegat dan memenangkan bola. Kemampuannya membaca permainan sesuai dengan gaya permainan Senegal.

Nampalys Mendy juga merupakan senjata penting di lini tengah Senegal. Gelandang mungil ini memiliki kecepatan, dibantu oleh kemampuannya menangkap bola, serta kemampuan menggunakan tubuhnya untuk memblokir lawan dan banyak operan.

Di lini depan, Sadio Mane adalah pemain yang bisa diandalkan. Mantan bintang Liverpool, sekarang bersama Bayern Munich, baru-baru ini dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Afrika untuk kedua kalinya.

Mane merupakan salah satu pelari tercepat dengan kecepatan 34,84 km/jam. Dengan kreativitasnya, dia akan membahayakan pertahanan lawan.