Hasil Pertandingan Argentina vs Prancis Final Piala Dunia 2022

livescorepialadunia – Final Piala Dunia 2022 berlangsung di Stadion Lusail pada Minggu malam (18/12/2022), dengan Argentina memenangkan Piala Dunia 3-3 (4-2) melalui adu penalti melawan Pranciss.

Argentina mencetak dua gol di babak pertama, Messi mencetak gol penalti di menit ke-23, dan Angel Di Maria mencetak gol dari penalti di menit ke-36.

Prancis juga tidak menyerah. Mbappe mencetak dua gol di babak kedua, mengirim permainan ke perpanjangan waktu.

Di perpanjangan waktu, Messi membantu Argentina memimpin, Mbappe menyamakan skor, Mbappe menyamakan skor dengan tendangan penalti, dan Argentina memenangkan adu penalti 4-2.

Argentina juga meraih trofi Piala Dunia ketiga, sedangkan Prancis gagal mempertahankan gelar yang diraihnya di Piala Dunia 2018.

piala dunia 2022

Babak pertama

Argentina mencoba mengontrol permainan di awal babak pertama dan Messi terus mengancam namun gagal mencetak gol.

Pada menit ke-21, Argentina mendapat hadiah penalti setelah Di Maria melanggar Dembele di area penalti, Messi yang menjadi algojo berhasil memperdaya Lloris.

Argentina lebih aktif menekan pertahanan Prancis.Pada menit ke-36, Di Maria memperbesar keunggulan skor lewat assist McAllister.

Didier Deschamps membuat keputusan mengejutkan untuk mengganti dua pemain pada menit ke-40, sementara Olivier Giroud dan Dembele diganti sebelum disamakan oleh Lana Del Colomuani dan Marcus Thuram.

Tujuh menit perpanjangan waktu berakhir dengan tidak meyakinkan karena keunggulan 2-0 Argentina berakhir di babak pertama.

 

babak kedua

Sepulang dari ruang ganti, Prancis mencoba meningkatkan daya serangnya, namun Mbappe masih kesulitan membangun pertahanan solid pemain Argentina itu.

Argentina, di sisi lain, beberapa kali menimbulkan masalah bagi lawan mereka meskipun laju permainan lebih lambat, tetapi tim Perak tidak mencetak gol tambahan.

Pada menit ke-79, Francis mendapat hadiah tendangan penalti setelah terjadi konfrontasi antara Otamendi dan Kolomouani, Mbappe juga menyelamatkan Emiliano Martinez.

Hanya 90 detik kemudian, Mbappe kembali mencetak gol, kali ini dengan tendangan voli, untuk menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Tidak ada lagi gol yang dicetak di sisa waktu reguler, kedua tim bertarung imbang 2-2, dan pertandingan harus memasuki perpanjangan waktu.

Perpanjangan waktu dan adu penalti

Memasuki perpanjangan waktu, baik Argentina maupun Prancis memiliki peluang bagus untuk mencetak gol, namun sayangnya tidak ada yang mencetak gol di babak pertama.

Pada menit ke-109, Argentina akhirnya memimpin lewat gol Messi. Lapulga memanfaatkan rebound dan memukul bola ke gawang Lloris.

Pada menit ke-117, tembakan Mbappe membentur lengan Gonzalo Montiel, Prancis mendapat hadiah penalti, dan kemenangan telak Argentina kembali dipatahkan. Mbappe pun sukses menyamakan skor menjadi 3-3.

Pemenang harus ditentukan dengan tendangan penalti. Di babak ini, Kingsley Coman dan Aurelian Jomenil gagal mencetak gol. Argentina pun menang 4-2.

Pada Minggu (18/12/2022) malam, pertandingan antara Argentina melawan Prancis digelar di Stadion Lusail. Pertandingan berlangsung sangat seru dan menegangkan.

Argentina memimpin dengan dua gol dari Messi dan Angel Di Maria.

Sayang mereka gagal mempertahankan keunggulan, Mbappe mencetak dua gol di babak kedua untuk menyamakan skor hingga akhir pertandingan di waktu reguler.

Pertarungan Argentina-Prancis

Pertarungan Argentina-Prancis tentu saja akan dimainkan di perpanjangan waktu, dan Tango benar-benar terlihat kalah.

Mereka sepertinya kehabisan bensin.

Sayang mereka gagal mempertahankan keunggulan, dan Prancis kembali menyamakan skor lewat Mbappe.

Hasil imbang 3-3 berlanjut ke perpanjangan waktu, sehingga pertandingan harus ditentukan dengan adu penalti.

Di sini, Lionel Messi dan Kylian Mbappe sama-sama mencetak gol awalnya. Lalu Paulo Dybala.

Namun kemudian Francis tertinggal setelah eksekusi Kingsley Coman dihentikan oleh Emiliano Martinez, dengan Aureliano Chamenyi meneruskan kekalahan tersebut.

Di sisi lain, petinggi Argentina lainnya mampu menunaikan tugasnya dengan sempurna.Pada akhirnya, Messi dkk mengalahkan Prancis dengan skor 4-2!

Lionel May usai Argentina bermain imbang 3-3 (4-2) dengan Principe pada final Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail, Minggu (18 Desember 2022) West dinobatkan sebagai pemain terbaik dalam pertandingan tersebut.

Argentina mencetak dua gol di babak pertama, Messi melakukan tendangan penalti di menit ke-23, dan Angel Di Maria mencetak gol di menit ke-36.

Prancisjuga tidak menyerah. Mbappe mencetak dua gol di babak kedua, mengirim permainan ke perpanjangan waktu.

Di perpanjangan waktu, Messi membantu Argentina memimpin, Mbappe menyamakan skor, Mbappe menyamakan skor dengan tendangan penalti, dan Argentina memenangkan adu penalti 4-2.

Argentina juga meraih trofi Piala Dunia ketiga, sedangkan Prancis gagal mempertahankan gelar yang diraihnya di Piala Dunia 2018.

Performa Lionel Messi

Messi benar-benar menggila di laga ini, tak hanya mencetak dua gol, Lapulga juga sukses menghadapi Hugo Lloris dalam adu penalti dan menjadi starter Argentina.

Sepanjang Piala Dunia 2022, Messi mencetak rekor terbaik sebanyak lima kali. Dia juga terpilih sebagai pemain terbaik turnamen.

Gelar tersebut juga melengkapi prestasi internasional Messi yang kini diraihnya di setiap pertandingan yang dimainkannya, baik di level klub maupun negara.

Susunan Pemain Argentina vs Prancis

Argentina (4-4-2): Emiliano Martinez; Nahuel Molina (Gonzalo Montiel 91′), Cristian Romero, Nicolas Otamendi, Nicolas Tagliafico (Paulo Dybala 120′); Angel Di Maria (Marcos Acuna 64′), Rodrigo De Paul ( Leandro Paredes 102′), Enzo Fernandez, Alexis Mac Allister (Jerman Pezzella 116′); Lionel Messi, Julian Alvarez (Lautaro Martinez 102′).

Princis (4-3-3): Hugo Lloris; Jules Koounde (Axel Disasi 120′), Raphael Varane (Ibrahima Konate 113′), Dayot Upamecano, Theo Hernandez (Eduardo Camavinga 71′); Antoine Griezmann (Kingsley Coman 71′) , Aurelien Tchouameni, Adrien Rabiot (Youssouf Fofana 96′); Ousmane Dembele (Randal Kolo Muani 41′), Olivier Giroud (Marcus Thuram 41′), Kylian Mbappe.