Beberapa Pencapaian Yang Didapat Timnas Maroko di Piala Dunia 2022

livescorepialadunia – Kamis dini hari (15 Desember 2022), timnas Maroko kalah 0-2 dari Prancis di Stadion Albert. Perjalanan indah timnas Maroko di Piala Dunia 2022 harus terhenti di babak semifinal.

Timnas Maroko berubah menjadi kuda hitam dan menulis dongeng indah, baru sampai semifinal tiba-tiba muncul dan melaju ke babak penyisihan grup.

Sayangnya, Maroko gagal mewujudkan impian besar mereka untuk mewakili Afrika di final Piala Dunia pertama mereka. Harapan Maroko pupus saat mereka mencetak dua gol. Gol Francis pertama kali dicetak oleh Theo Hernandez setelah hanya lima menit di lapangan.

Kemenangan Prancis semakin tak terbantahkan, dengan pemain pengganti Randall Kolo-Mouani mencetak gol kedua pada menit ke-79. Meski gagal mencapai final Piala Dunia 2022, timnas Maroko berhasil mencatatkan empat rekor luar biasa di Qatar. Berikut rincian lengkapnya.

timnas maroko

1. Juara penyisihan grup

Timnas Maroko secara tak terduga tampil di Piala Dunia 2022 sebagai juara Grup F. Padahal Maroko berada di Grup F bersama dua tim top Eropa, Kroasia dan Belgia, serta Kanada.

Maroko kokoh di puncak klasemen usai mengalahkan Kanada 2-1 pada Kamis (12/1/2022).Dengan kemenangan ini, Maroko memiliki 7 poin dan unggul 2 poin dari Kroasia.

Timnas Maroko menjadi juara Piala Dunia di Grup F pada tahun 2022. Performanya melebihi ekspektasi banyak orang, Maroko bahkan tampil di Grup F dengan 2 kemenangan dan 1 seri.

Prestasi tersebut tentu membuat nama wakil Afrika untuk Piala Dunia 2022 itu melambung. Maroko berhasil menjadi tim Afrika pertama dalam hampir 24 tahun yang menjuarai fase grup Piala Dunia.

Nigeria adalah tim terakhir yang melaju ke babak grup Piala Dunia 1998.

2. Hentikan 8 kemenangan beruntun Belgia di babak penyisihan grup Piala Dunia

Belgia telah memenangkan gelar penyisihan grup Piala Dunia kedelapan berturut-turut sebelum menghadapi Maroko di Grup F. Rekor ini berawal dari Piala Dunia 2014.

Belgia cukup percaya diri untuk melanjutkan rekor ini. Namun, tidak.

Setan Merah, julukan Belgia, kalah 0-2 dari Maroko.

3. Kekalahan tak terkalahkan dari Spanyol dan Portugal

Kekuatan Maroko di Grup F berlanjut ke babak 16 besar dan babak perempat final, Maroko sukses menyingkirkan raksasa Spanyol di babak 16 besar.

Pertandingan melawan Spanyol berakhir 0-0 setelah 120 menit dan pertandingan berlanjut ke adu penalti, yang dimenangkan Maroko 3-0.

Di perempat final, Portugal secara tak terduga berbalik melawan Maroko. Maroko kembali melaju tanpa kebobolan satu gol pun. Kali ini, Atlas Lions menang 1-0.

4. Menjadi tim Afrika pertama yang mencapai semifinal Piala Dunia

 

Keberhasilan Maroko mencapai babak semifinal Piala Dunia 2022 menjadi sejarah tersendiri, dengan Atlas Lions menjadi negara Afrika pertama yang mencapai babak semifinal Piala Dunia.

Namun, mereka tidak melangkah lebih jauh, dan kisah indah Maroko akhirnya terdampar di kaki Prancis.

Timnas Maroko akan menghadapi juara bertahan Prince National Team di babak semifinal Piala Dunia 2022 pada Kamis 15 Desember 2022 pukul 02.00 WIB. Babak 4 antara Prancis vs Maroko akan diadakan di Al Bayt Palladium SC dengan Nive Siara melakukan EX dan streaming langsung di Vidio.

Maroko tampil bagus di babak penyisihan grup Piala Dunia 2022, dan ketiga pertandingan Maroko ditunda. Maroko memiliki tujuh poin setelah menang atas Belgia dan Kanada dan seri melawan Kroasia. Maroko kemudian menyingkirkan Spanyol melalui adu penalti di babak 16 besar.

Di 8 besar, kejutan Maroko tak berhenti. Maroko mengalahkan Portugal 1-0 berkat gol Yousuf Nneri pada menit ke-42. Maroko menjadi negara Afrika pertama yang mencapai semifinal Piala Dunia.

Sebelumnya, timnas Maroko belum pernah mencatatkan rekor gemilang lima kali mengikuti Piala Dunia. Sebelumnya, hasil terbaiknya hanya di babak 16 besar pada 1986.

Maroko kini memiliki banyak pemain generasi emas yang banyak di antaranya telah tampil di banyak klub papan atas liga Eropa bahkan menjadi pemain andalan.

Tim nasional Maroko memiliki bintang seperti Ashraf Hakimi, Youssef Ennesiri dan Hakim Ziyech dan mereka akan menciptakan mimpi buruk bagi Kroasia dan Belgia.

Pemain kunci: Hakim Ziyech

Gelandang serang Maroko tumbuh di liga Belanda hingga Ajax Amsterdam melamarnya pada 2016. Setelah mencetak 49 gol yang mengesankan dalam 165 penampilan, Ziyech dikaitkan dengan klub Liga Premier Chelsea.

Akibatnya dia pindah ke London pada tahun 2020. Setelah melalui masa sulit beradaptasi dengan permainan Inggris, Ziyech akhirnya mampu membuktikannya untuk Chelsea dengan 87 penampilan dan 14 gol.

Pemain berusia 29 tahun itu juga menjadi andalan timnas Maroko dengan mencetak 18 gol dalam 44 penampilan bersama Atlas Lions.

Profil Pelatih: Keraguan Walid

Beberapa bulan sebelum dimulainya Piala Dunia 2022, atau Agustus 2022, FA Maroko memecat Wahid Harihodzic, yang melatih tim nasional sejak 2019, dan pelatih kelahiran Prancis Walid Reilaj diperkirakan akan menggantikannya. .

Walid Reilaj bukanlah pendatang baru di Atlas Lions sebelum menjadi pelatih tim Maroko, ia pernah menjabat sebagai asisten pelatih tim Maroko pada era Ezaki Croton.

Meski Walid Lailag lahir di Prancis, ia pernah menjadi pemain timnas Maroko, yang membuatnya sangat familiar dengan gaya permainan timnas Maroko dan mampu menstabilkan susunan pemainnya.

Skuad Resmi Maroko untuk Piala Dunia 2022

Kiper: Yassine Bounou, Muni El Kajouni, Reda Tagnaouti

Bek: Achraf Hakimi, Noussair Mazraoui, Nayef Aguerd, Ghanem Saiss, Achraf Dari, Jawal El Yamiq, Yahya Attiat Allah, Badr Benoun

Gelandang: Sofyan Amrabat, Abdelhamid Sabiri, Selim Amallah, Azzedine Ounahi, Bilal El Khannouss, Yahya Jabrane

Penyerang: Hakim Ziyech, Sofiane Boufal, Amine Harit, Abdessamad Ezzalzouli, Zakaria Aboukhlal, Ilias Chair, Youssef En-Nesyri, Walid Cheddira, Abderrazak Hamdallah