Sejarah Pemain Timnas Spanyol di Ajang Piala Dunia 2022

livescorepialadunia

Livescorepialadunia – Timnas Spanyol telah berjumpa dengan Maroko pada hari Selasa, 6 Desember 2022 kemarin dalam babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Stadion Education City dengan hasil yang mengecewakan. Yaitu kalah dari Timnas Maroko setelah adu penalti dengan hasil skor Maroko 3-0 Spanyol.

livescorepialadunia

Spanyol sendiri telah menjadi runner-up Grup E lantaran kalah dari Jepang pada matchday ke -3. Padahal, seandainya bermain cukup imbang, La Roja juga dapat mengamankan posisi puncak klasemen. Setelah Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, prestasi Timnas Spanyol juga dapat dibilang menurun drastis. Dalam babak Piala Dunia 2014, mereka sendiri perlu tersingkir dalam babak penyisihan grup.

 

Dan empat tahun kemudian di Rusia, Timnas Spanyol sendiri juga melempem dan kalah. Dengan mengapungkan target yang cukup tinggi, Spanyol sendiri juga ikut tersungkur dalam babak 16 besar. Dengan dua kegagalan tersebut telah membuat Spanyol untuk bertekad dengan mengulang sukses. Armada Luis Enrique juga telah melupakan semua kegagalan di belakang.

 

Untuk pertandingan akbar Piala Dunia 2022 ini Enrique juga telah memilih skuad terbaiknya. Dirinya juga telah banyak memanggil Pemain – pemain yang berpengalaman untuk bisa tampil di ajang Qatar,

 

Nama – nama tersebut seperti Jordi Alba, Dani Carvajal, Cesar Azpilicueta dan masih dipercaya juga dengan mengawal pertahanan La Furia Roja. Sementara sosok yang berpengalaman seperti Koke, Sergio Busquets serta Marcos LIorente juga menjadi pilar pada lini tengah Spanyol dalam laga ini.

 

Sementara dalam pos lini serang, Marco Asensio serta Alvaro Morata juga dipercaya untuk bisa menjadi juru gedor Spanyol dalam turnamen kali ini. Walaupun begitu, ada banyak beberapa nama terkenal yang tidak masuk dalam daftar seperti  Marc Cucurella, Sergio Ramos dan David De Gea.

 

Sergio Busquets – Pemain Bintang

livescorepialadunia

Dirinya mendapat julukan sebagai pahlawan dalam sunyi. Hal tersebut sebab dirinya berada dalam bawah bayang – bayang bintang Barcelona lainnya, termasuk juga Lionel Messi yang saat ini sedang hengkang ke Paris Saint Germain. Padahal, sukses besar yang telah dituai oleh Blaugrana juga saat masih ditukangi oleh Pep Guardiola juga tidak terlepas dari kontribusi Busquets.

 

Di Timnas, Busquets sendiri bukanlah siapa – siapa bila dibandingkan dengan Xavi Hernandez, Carles Puyol, Andres Iniesta, maupun Sergio Ramos. Akan tetapi, gelandang berusia 34 tahun tersebut juga ikut merasakan manisnya gelar juara Piala Dunia tahun 2010 dan juga Euro 2012.

Baca Juga :

Kaya akan pengalaman, Spanyol juga menaruh harapan yang besar pada pundak sang veteran. Setelah tahun 2010, Tim Matador juga tidak pernah lagi menjadi yang paling baik. Empat tahun yang lalu di Rusia sendiri, La Furia Roja hanya dapat bertahan hingga babak 16 besar.

 

Luis Enrique juga menyanjung peran Busquets di Piala Dunia 2022, dirinya juga berkata bahwa betapa sangat pentingnya mereka. Dirinya merupakan seorang gelandang yang sempurna, baik itu saat dalam bertahan dan juga menyerang.

 

Luis Enrique – Pelatih Timnas Spanyol

livescorepialadunia

Enrique juga memiliki catatan tersendiri bagi Timnas Spanyol. Setelah sempat mengundurkan diri sebab ingin fokus dalam mengurus putrinya yang terserang kanker tulang. PSSI – Spanyol sendiri telah kembali menunjuknya sebagai arsitek tim pada tahun 2019.

 

Di bawah Enrique, Spanyol juga tampil cukup mengesankan di Euro tahun 2020. Mereka melaju ke semifinal sebelum dihentikan oleh Italia via adu penalti yang berakhir dengan hasil skor 2-4.

 

Walaupun begitu, Enrique sendiri tetap dipercaya untuk mendampingi Busquets beserta kawan – kawan dalam ajang Piala DUnia 2022 dengan hasil target kembali menguasai dunia.

 

Dipatok juga dengan target yang tinggi, Enrique yang juga pernah membesut AS Roma serta Barcelona juga maju dengan tak gentar. Termasuk juga pada saat harus melalui tiga laga di Grup E yang kontra akan Jepang, Kosta Rika serta tim kuat Jerman.

 

Dirinya juga berkata bahwa akan sangat menikmati setiap laga serta selalu optimis dalam menaklukkan prediksi Piala Dunia.

 

Bila Enrique dapat merealisasikan suatu target tinggi tersebut, maka dirinya juga akan menyamakan pencapaian yang hebat dari pelatih kenamaan Spanyol tersebut, yaitu Vicente del Bosque. Del Bosque juga dapat dikenang sebab telah berhasil sukses memahat sejarah yang cukup spektakuler di ajang Piala Dunia 2010 Afrika Selatan.

 

Skuat Spanyol

 

Di bawah ini adalah 26 orang pemain Timnas Spanyol di ajang Piala Dunia 2022

 

Kiper : Unai Simon, David Raya, Robert Sanchez

 

Bek : Cesar Azpilicueta, Dani Carvajal, Hugo Guillamon, Eric Garcia, Aymeric Laporte, Pau Torres, Alejandro Balde, Jordi Alba.

 

Gelandang : Rodri, Sergio Busquets, Carlos Soler, Gavi, Marcos Llorente, Koke, Pedri

 

Penyerang : Nico Williams, Ferran Torres, Alvaro Morata, Yeremi Pino, Pablo Sarabia, Marco Asensio, Ansu Fati, Dani Olmo

 

Jadwal Pertandingan di Ajang Piala Dunia 2022

 

  • Rabu, 23 Nov 2022

Spanyol 7-0 Kosta Rika (Stadium Al Thumama)

  • Senin, 23 Nov 2022

Spanyol 1-1 Jerman (Stadium Al Bayt Al Khor)

  • Jumat, 2 Des 2022

Jepang 1-2 Spanyol (Stadion Internasional Khalifa)

  • Selasa, 6 Desember 2022

Maroko 3-0 Spanyol (Stadion Education City)

 

Mengenang Kehebatan Spanyol di Tanah Afrika

livescorepialadunia

Timnas Spanyol juga pernah menunjukkan kehebatan mereka sebagai Raja Eropa dalam ajang pertandingan Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Timnas Spanyol sendiri memang pernah menjadi penguasa di Eropa serta dunia pada periode 2008 sampai dengan 2012.

 

Saat itu, Timnas Spanyol sendiri juga telah sukses menjadi juara Eropa pada tahun 2008 serta 2012 dan juga telah menjadi juara di ajang Piala Dunia pada tahun 2010.

 

Momen kehebatan Timnas Spanyol di ajang Piala Dunia 2010 kala itu juga mungkin menjadi salah satu momen yang paling diingat. Pasalnya, La Furia Roja juga belum pernah sekali pun melalui babak perempat final di ajang Piala Dunia sebelum tahun 2010.

 

Akan tetapi, Spanyol sendiri pada akhirnya bisa meraih trofi Piala Dunia perdana mereka di Tanah Afrika.

 

Adapun prestasi Spanyol tersebut yang juga diikuti dengan banyak rekor yang sangat mengesankan dari para pemainnya. Dan anda bisa saja menyebut Sergio Busquets serta Carles Puyol yang mempunyai persentase umpan terbaik ketiga dalam ajang kompetisi tersebut.

Exit mobile version