PSSI Jelaskan Alasan Kepindahan Menpora Ke Wakil Presiden

PSSI

Livescorepialadunia – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora) Zainudin Amal diperkenalkan dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Kamis (16/02/2023). update skor piala dunia

 

Namun, mundurnya Yunus Nusi yang akan menjadi Wakil Presiden PSSI 2 membuat Zainudin Amal mengambil alih posisi tersebut.

 

Pemilihan Wakil Presiden PSSI terpaksa digelar dua kali melawan calon lain, Ratu Tisha Destria, atas permintaan FIFA dan AFC karena adanya dugaan kecurangan hasil pemilihan.

 

Pertama, Zainudin Amal terpilih menjadi Wakil Presiden dengan 66 suara, sedangkan Yunus Nusi terpilih menjadi Wakil Presiden II dengan 63 suara. 

 

Saat ditanya rencana program ke depan, Ratu Tisha tak merinci. Ratu Tisha hanya menegaskan bersedia bekerja sama jika terpilih. “Saya kira kalau saya jawab sekarang bisa bicara sampai subuh,” kata mantan Wakil Presiden AFF Ratu Tisha sambil tertawa. 

 

“Teman-teman tahu kalau ada banyak macam saran dan ide. Saat ini niat karena sesuatu itu harus diawali dengan niat yang baik,” ujarnya. “Nanti tentu saya akan bekerja sama ketika beliau terpilih menjadi Presiden Jenderal sesuai dengan visi dan pasukannya,” kata Ratu Tisha.

 

“PSSI milik anggota, yang terpilih nanti diusulkan oleh anggota. Bagi saya, layanan anggota adalah yang paling penting, ”katanya. Pertukaran calon Presiden Umum diinisiasi oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Presiden Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPD) Indonesia AA Lanyalla Mahmud Mattalitti. livescorepialadunia

 

Pemilihan Ulang

livescorepialadunia

Namun setelah terpilih kembali, Ratu Tisha menjadi wakil presiden dengan 1.54 suara dan Yunus Nus menjadi wakil presiden dengan 2.53 suara. Sedangkan Zainudin Amal hanya memperoleh 44 suara.

 

PSSI kemudian mengumumkan Ratu Tisha sebagai Wakil Presiden 2, dan Yunus Nusi sebagai Wakil Presiden 2 sementara Zainudin Amal keluar.

 

Selang beberapa menit, Yunus Nusi tiba-tiba mengundurkan diri sebagai Wakil Presiden PSSI. Keputusan Sekjen PSSI ini sungguh mengejutkan. 

Baca Juga :

Berikan Jalan

Yunus Nusi disebut-sebut membuka jalan bagi Amali untuk menjadi Wapres pada putaran kedua.

 

“Yunus Nusi telah mundur dari jabatan Wakil Presiden 2 dan Zainudin Amali dipromosikan menjadi Wakil Presiden 2 PSSI,” tulis dalam keterangannya.

 

Masih dalam nuansa KLB, tiba-tiba mengumumkan Zainudin Amali menggantikan posisi Ratu Tisha di jajaran wapres PSSI. 

 

Alasan PSSI

Zainudin Amali menjadi Wakil Presiden 1 dan Ratu Tisha menjadi Wakil Presiden PSSI 2. Pergantian posisi keduanya karena “pengalaman Amal yang semakin lama di sepak bola”, ungkap PSSI dalam pernyataannya.

 

Pencalonan Zainudin Amali sebagai wakil presiden dipertanyakan. Sebab, menteri Partai Golkar itu diragukan menunaikan kewajiban lima tahun berkiprah di sepakbola PSSI.

 

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KP)  Amir Burhannudin menyatakan Zainudin Amali dapat melampirkan dokumen yang sah terkait kegiatan Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Gorontalo dan Asosiasi Distrik (Askab) di Kabupaten Boalemo. “Ada dokumen dan itu dibahas di CP. Konfirmasi diterima, CV dikonfirmasi dengan surat yang kami terima atau dilampirkan oleh yang bersangkutan dari Asprov dan Askab,” kata Amir. 

 

Sepak Terjang Ratu Tisha Sudah sejak 2016

Amir tidak mengungkapkan kapan dan berapa lama Zainudin Amali menjadi pengurus Asprov Gorontalo dan Askab Boalem. Soal aktivitas Zainudin Amali sebagai Menpora sejak 2019 yang bisa dibilang aktif, belum ada kejelasan.

 

Sementara itu, Ratu Tisha memasuki dunia sepak bola pada 2016 saat menjadi direktur kompetisi Indonesian Soccer Championship (ISC).

 

Setelah itu, perempuan berusia 37 tahun ini menjadi Direktur Kompetisi dan Operasi PT Liga Indonesia Baru (LIB) pada 2017, Sekretaris Jenderal PSSI pada 2017 hingga 2020, dan Vice President AFF pada 2019 hingga 2023. 

Exit mobile version