Ini Daftar 8 Tim yang Masuk ke Piala Asia Wanita U-17 2024

Piala Asia Wanita U-17 2024

livescorepialadunia – Ini Daftar 8 Tim yang Masuk ke Piala Asia Wanita U-17 2024. Timnas Putri Indonesia U-17 akan menjadi tuan rumah dalam ajang Piala Asia Wanita U-17 2024 yang dijadwalkan berlangsung pada bulan April 2024. Saat ini, telah diumumkan daftar delapan tim yang berhasil lolos ke babak final turnamen tersebut.

Piala Asia Wanita U-17 2024

Salah satu sorotan dalam kualifikasi ini adalah prestasi Timnas Putri Filipina U-17. Mereka berhasil menciptakan kejutan dengan mengalahkan Timnas Putri Vietnam U-17 dengan skor 1-0. Kemenangan tersebut membuat Filipina pertama kali tampil dalam Piala Asia Wanita U-17.

Selain Filipina, tim dari Asia Tenggara lainnya yang berhasil lolos adalah Timnas Putri Thailand. Sementara itu, Timnas Putri Indonesia sudah dipastikan lolos sebagai tuan rumah.

Selain itu, lima tim lain yang berhasil masuk ke babak final adalah Jepang, Korea Selatan, Korea Utara, China, dan Australia. Timnas Putri Indonesia sendiri baru dua kali tampil dalam kompetisi ini, termasuk edisi kali ini. Terakhir kali Timnas Putri Indonesia U-17 berpartisipasi dalam Piala Asia Wanita U-17 pada tahun 2005, tetapi mereka hanya berhasil mencapai babak penyisihan grup.

Pada catatan sejarah, Jepang telah menjadi juara sebanyak empat kali pada tahun 2005, 2011, 2013, dan 2019. Korea Utara juga menjadi unggulan kedua dalam turnamen ini dengan tiga kali menjadi juara pada tahun 2007, 2015, dan 2017. Korea Selatan sendiri baru satu kali menjadi juara pada tahun 2009. Sementara itu, China juga merupakan tim yang patut diwaspadai karena pernah menjadi runner-up pada tahun 2005.

Baca juga:

Piala Asia Wanita AFC U-17 2024 akan digelar di Indonesia pada tanggal 7–20 April 2024, menandai kesempatan bagi Timnas Putri Indonesia U-17 untuk bersaing dengan tim-tim terbaik di Asia dalam turnamen bergengsi ini.

Timnas Putri Indonesia U-17 akan menjadi tuan rumah dalam Piala Asia Wanita U-17 2024 yang akan digelar pada bulan April tahun tersebut. Saat ini, telah diumumkan daftar delapan tim yang berhasil melaju ke babak final kompetisi prestisius ini.

Pembagian Pot Drawing Kualifikasi Piala Asia Wanita U17 2024 : Timnas  Indonesia di Pot 4 Namun Tak Dihitung - Suara Merdeka Muria

Keberhasilan Timnas Putri Filipina U-17 menjadi sorotan dalam kualifikasi. Mereka berhasil menciptakan kejutan dengan mengalahkan Timnas Putri Vietnam U-17 dengan skor 1-0. Kemenangan tersebut membawa Filipina untuk pertama kalinya tampil dalam Piala Asia Wanita U-17. Selain Filipina, tim dari Asia Tenggara lain yang berhasil melaju adalah Timnas Putri Thailand.

Timnas Putri Indonesia

Sementara itu, Timnas Putri Indonesia sudah dipastikan melaju sebagai tuan rumah.
Adapun lima tim lainnya yang berhasil meraih tiket ke babak final adalah Jepang, Korea Selatan, Korea Utara, China, dan Australia. Catatan penting bahwa Timnas Putri Indonesia baru dua kali tampil dalam kompetisi ini, termasuk edisi yang akan datang. Terakhir kali mereka berpartisipasi adalah pada tahun 2005, tetapi saat itu mereka hanya mampu mencapai babak penyisihan grup dalam livescore bola.

Dalam sejarah turnamen ini, Jepang telah meraih gelar juara sebanyak empat kali pada tahun 2005, 2011, 2013, dan 2019. Korea Utara juga menjadi salah satu tim unggulan dengan tiga kali meraih gelar pada tahun 2007, 2015, dan 2017. Sementara itu, Korea Selatan baru satu kali menjadi juara pada tahun 2009. China juga patut diwaspadai karena pernah menjadi runner-up pada tahun 2005.

Piala Asia Wanita AFC U-17 2024 akan diselenggarakan di Indonesia mulai tanggal 7 hingga 20 April 2024. Ini merupakan kesempatan besar bagi Timnas Putri Indonesia U-17 untuk berkompetisi dengan tim-tim terbaik Asia dan memperebutkan gelar bergengsi dalam turnamen ini. Semoga mereka bisa tampil gemilang di depan pendukung setia di tanah air.

Ini 3 Pemain Timnas Garuda Putri Minta Ketum PSSI Agar Laksanakan Ajang Sepakbola Putri di Indonesia

Tiga pemain dari Timnas Putri Indonesia telah mengajukan permohonan kepada Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, untuk melaksanakan kompetisi sepakbola putri di Indonesia. Ketiga pemain tersebut adalah Shalika Aurelia, Sabreena Drassler, dan Shafira Ika Putri, dan mereka telah berkesempatan untuk bertemu dengan Erick Thohir dalam acara PSSI Partner Summit 2023 di Hotel JW Marriot, Jakarta pada Rabu (27/9/2023).

Acara tersebut menjadi momen menarik karena para pemain Timnas Putri Indonesia turut hadir. Beberapa pemain, seperti Claudia Scheunemann, Helsya Maeisyaroh, dan Sheva Imut, bahkan tampil dalam sebuah Fashion Show di acara tersebut, mengenakan gaun dan kebaya dengan sangat anggun.

Erick Thohir, selaku Ketua Umum PSSI, juga turut hadir dan mengumumkan kerja sama sponsorship dalam acara tersebut. Para pemain Timnas Putri Indonesia memanfaatkan kesempatan ini untuk menyampaikan aspirasi mereka.

Ketiga pemain, yaitu Shalika, Sabreena, dan Shafira, menghampiri Erick Thohir ketika konferensi pers dilaksanakan setelah acara. Erick dengan cepat meninggalkan awak media yang tengah mewawancarainya untuk mendengarkan aspirasi mereka.

Mereka kompak dalam menyuarakan aspirasi mereka di hadapan Erick Thohir. Shalika bahkan secara langsung bertanya kepada Erick mengenai kemajuan rencana pelaksanaan kompetisi sepakbola wanita.

“Kami ingin bertanya langsung kepada Erick mengenai perkembangan sepakbola wanita, karena kami sangat berharap bahwa liga ini akan dimulai pada tahun depan,” kata Shalika kepada Erick, seperti yang diamati di lokasi pada Rabu (27/9/2023).

Erick Thohir memberikan jawaban

Erick Thohir memberikan jawaban bahwa penyelenggaraan Liga 1 Wanita memerlukan waktu. PSSI ingin terlebih dahulu membentuk fondasi kompetisi sepakbola wanita dari usia muda sebelum menggelar Liga 1.

“Semuanya butuh waktu, jika kita berharap liga akan langsung dimulai, itu akan memerlukan waktu. Oleh karena itu, kami berkolaborasi dengan pihak swasta untuk menggelar turnamen sepakbola muda. Saya tidak ingin mengumumkan nama-nama sponsor, nantinya kami akan mengumumkannya sendiri,” jawab Erick dalam rtp live.

“Kami akan mulai dengan usia 9, 12, 14 tahun. Setelah ini terbentuk, apa yang akan terjadi selanjutnya? Di bawah zona ini, akan ada klub-klub yang dapat menggelar liga,” tambahnya.

Erick juga menyebut bahwa saat ini PSSI masih berfokus untuk mencari pelatih Timnas Putri Indonesia yang berasal dari Jepang. Ini terjadi setelah kursi pelatih Timnas Putri ditinggalkan oleh Rudy Eka Priyambada yang telah direkrut sebagai pelatih klub Liga 2 Gresik United.

“Tapi tugas PSSI adalah mempersiapkan Tim Nasional. Kami masih kesulitan mencari pelatih dari Jepang lagi, jadi mohon bersabar!” ungkap Erick.

Ia menegaskan bahwa PSSI tidak membedakan antara tim putra dan putri, dan mereka memiliki keyakinan pada prestasi tim putri. Erick mengakhiri dengan bertanya kepada trio pemain tersebut apakah mereka percaya pada PSSI.

“Iya pak, kami percaya, terima kasih pak!” jawab para pemain dengan antusias.

 

Exit mobile version